Supervisi ke Polda Jatim, Anggota Kompolnas Mohammad Dawam Titip Pesan Pemilu Damai kepada Masyarakat

Ferry Edyanto | Jumat, 09 Februari 2024 - 07:16 WIB
Supervisi ke Polda Jatim, Anggota Kompolnas Mohammad Dawam Titip Pesan Pemilu Damai kepada Masyarakat
Anggota Kompolnas Mohammad Dawam disambut Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Imam Sugianto dalam kunjungan kerjanya ke Polda Jawa Timur. Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).
 
 
MEGANEWS.ID - Tim Kompolnas dipimpin Mohammad Dawam, melakukan kunjungan kerja ke Polda Jawa Timur dalam rangka supervisi pola pengamanan Pemilu serentak, Selasa hingga Rabu, 6-7 Februari 2024 di Jawa Timur.
 
Dalam kunjungan itu, Mohammad Dawam didampingi Koordinator Pam Pemilu Kompolnas, Kombes Pol. Joko Purwanto dan Yosef Gaspar M. Da Costa
 
Ada banyak agenda, selain supervisi, yang dilakukan Kompolnas disela-sela kunjungannya di Jawa Timur. Yakni ke Mapolres Tulungagung serta Mapolresta Malang Kota. Termasuk kegiatan acara peringatan Isra' Mi'raj 1445 H yang diselenggarakan oleh Masyarakat Lintas Selatan di lapangan Tumpak Mergo, Desa Ngepoh, Kec. Tanggungunung, Kab. Tulungagung.
 
Kegiatan ini, menurut Mohamad Dawam untuk menjaga kamtibmas diwilayah masing-masing, agar Pemilu di Jatim berjalan dengan damai, kondusif, aman, terkendali, meningkatnya partisipasi publik dalam pemilihan umum semakin nyata. 
 
"Sebagai anggota Kompolnas, saya titip kepada semua masyarakat Indonesia, terus melestarikan budaya dan ideologi negara, Pancasila. Jangan sampai ada kelompok manapun yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lainnya dengan dalih apapun, meski dengan dalih agama ataupun politik," ujar Mohamad Dawam yang akrab disapa Gus Dawam.
 
Dawam jugq mengingatkan generasi bangsa agar waspada dan mengantisipasi, jangan sampai terjerumus pada peredaran dan penyalahgunaan narkoba. "Jangan sampai kita terjerumus dalam pusaran peredaran narkoba," pesannya.
 
Dalam kunjungannya ke Jawa Timur, Tim Kompolnas juga menyempatkan ziarah untuk berdoa dan tabur bunga di pusara makam Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno, di Jalan Ir Soekarno, sebelah utara kota Blitar. 
 
"Alhamdulillaah, saya dan Tim Kompolnas juga ke pusara pendiri bangsa, Bung Karno untuk memanjatkan doa keselamatan bangsa terkhusus menjelang terselenggaranya pesta demokrasi pemilihan umum serentak 14 Februari 2024 di Indonesia," tutur Dawam. 
 
 
Paparan Kapolda Jatim
 
Kunjungan kerja Tim Kompolnas diawali dengan menerima paparan oleh Kapolda Jatim, sekaligus berdiskusi dengan Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si.
 
Dalam kesempatan itu Kapolda menyatakan kesiapannya dalam pola pengamanan Pemilu di Jatim dalam kondisi dan situasi apapun. "Alhamdulillaah, Polda Jawa Timur mendapat asistensi (perhatian khusus) dari Kompolnas untuk mempersiapkan pola pengamanan pada puncak Pemilu 14 Februari 2024 nanti," ujar Kapolda.
 
Kapolda Imam menyatakan telah mempersiapkan pola pengamanannya dengan mempersiapkan 23 ribu anggota untuk menjaga seluruh TPS yang ada di Jatim. "Hari ini kami sedang melakukan gelar pasukan bersama Kodam dan jajaran untuk melakukan persiapan pola pengamanan puncak Pemilu serentak nanti pada 14 Februari 2024 diseluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di Jawa Timur," tegas Kapolda.
 
Dalam pesannya Kapolda menyatakan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, bahwa siapapun yang terpilih sebagai Presiden nanti, agar masyarakat Jawa Timur tetap menjaga kondusifitas keamanan di wilayah masing-masing.
 
"Mari kita jaga bersama-sama terkhusus menjelang dan pasca Pemilu nanti," ujar Kapolda Jatim.
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa