Empat Pati Bintang Dua Berpeluang Gantikan Toni Harmanto sebagai Kapolda Jatim

Ferry Edyanto | Kamis, 05 Oktober 2023 - 10:50 WIB
Empat Pati Bintang Dua Berpeluang Gantikan Toni Harmanto sebagai Kapolda Jatim
Empat pati bintang dua dijagokan gantikan Kapolda Jawa Timur, Irjen Toni Harmanto. Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).
 
MEGANEWS.ID - Tepat di hari ulang tahun ke 78 TNI pada 5 Oktober 2023, hari ini, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto memasuki masa pensiun bertugas dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jatabannya sebagai Kapolda Jawa Timur, akan digantikan ke Perwira Tinggi Polri yang lain.
 
Ada beberapa nama beredar yang disebut-sebut santer bakal menjadi pengganti Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto. 
 
Mereka adalah, Irjen Pol Dedi Prasetyo, seorang perwira tinggi Polri yang sejak 26 Februari 2023 mengemban amanat sebagai Asisten SDM Kapolri. Dedi, yang lulusan Akpol 1990 ini berpengalaman dalam bidang SDM. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Divisi Humas Polri.
 
Sebelumnya, Dedi Prasetyo pernah menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah. Lalu posisinya ditarik menjadi Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Polri. 
 
Dari situ, dia dipercaya mengembam amanat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah dan kemudian dipercaya sebagai Kadiv Humas Polri, sebelum akhirnya mengemban amanat Deputi SDM Kapolri yang dijabatnya saat ini.
 
Lalu ada nama Irjen Pol Syahar Diantono, seorang perwira tinggi Polri yang sejak 4 Agustus 2022 mengemban amanat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kadiv Propam) Polri.
 
Nama ketiga terkuat dijagokan sebagai pengganti Irjen Toni Harmanto adalah Irjen Pol M Iqbal. Perwira tinggi lulusan Akpol 1991 ini sejak 17 Desember 2021 menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Riau. 
 
Iqbal banyak mengemban jabatan penting di institusi Polri, dan sebagian masa dinasnya banyak dihabiskan di Jawa Timur. Dia pernah menjadi Kapolrestabes Surabaya dan Wakapolda Jawa Timur.
 
Iqbal juga pernah menjabat sebagai Kapolres Jakarta Utara, Kabid Humas Polda Metro Jaya dan Kadiv Humas Polri sepanjang betugas di Ibukota Jakarta. Semua tugasnya dijalankan dengan baik. 
 
Berkat kecakapannya menjalankan tugas, oleh pimpinan Polri Iqbal dipromoaikan menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat dan kemudian dipercaya mengemban Kapolda Riau.
 
Nama terakhir yang beredar santer dikalangan media adalah Irjen Pol Imam Sugianto. Jenderal bintang dua kelahiran 11 Maret 1967 adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 17 Desember 2021 mengemban sebagai Kapopda Kaltim.
 
Imam tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Dia juga pernah sebagai Ajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Keempat Perwira tinggi Polri tersebut memiliki peluang yang sama karena kempatnya pernah menduduki jabatan penting baik di Polrestabes, Polda Jatim hingga Kapolres.
 
Dua dari keempat nama itu, yakni Iqbal dan Syahar sama-sama lulusan Akpol 1991, seangkatan dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Syahar dikenal dekat dan prestasinya cukup baik, makanya dipercaya mengisi posisi Kadiv Propam Polri, yang sebelumnya dijabat Irjen Ferdy Sambo.
 
Syahar pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya juga Kasat II Dirreskrimum Polda Jatim. Pria kelahiran 2 Februari 1970 ini juga pernah menjabat sebagai Kapolres Kota Pasuruan.
 
Sebelum menjabat Karo PID Divhumas Polri pada 2018, Syahar juga pernah menjabat Dirreskrimsus Polda Kepri pada 2014.
 
Nah, karirnya menanjak setelah menjabat sebagai Wakabareskrim Bareskrim Polri pada 2021 hingga akhirnya dipercaya menjadi Kadiv Propam Polri pada 2022.
 
Adapun nama Irjen Pol Imam Sugianto adalah senior Irjen Pol Syahar Diantono. Sebab, Imam lahir pada 11 Maret 1967.
 
Imam juga berpengalaman Surabaya dan di Jawa Timur. Sebab, ia pernah menjabat sebagai Kasat Intelkam Polrestabes Suranaya, Kapolresta Surabaya Timur juga Kapolres Gresik.
 
Karirnya mulai menanjak ketika dia menjadi Sespri Kapolri. 
 
Kini, Irjen Pol Imam Sugianto adalah Kapolda Kalimantan Timur. Sepanjang berdinas sebagai Kapolda Kalimantan Timur, Imam dinilai sukses mengawal  pelaksanaan proyek IKN dengan baik. 
 
Akankah Imam diberikan reward atas tugasnya itu, semua menunggu telegram resmi (TR) Kapolri yang ditandatangani oleh Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa