Rotasi Besar-besaran: Korsahli Kapolri, Irjen Eddy Tambunan Diangkat Jadi Kapolda Maluku

Ferry Edyanto | Minggu, 28 Juli 2024 - 16:56 WIB
Rotasi Besar-besaran: Korsahli Kapolri, Irjen Eddy Tambunan Diangkat Jadi Kapolda Maluku
Irjen Eddy Sumitro Tambunan. Foto: (Istimewa/Meganews.id).
 
 
MEGANEWS.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi besar-besaran di tubuh Polri. Ada enam Perwira Tinggi (Pati) yang dirotasi, di antaranya merupakan Kapolda. Korsahli Kapolri, Irjen Eddy Sumitro Tambunan diangkat menjadi Kapolda Maluku, menggantikan Irjen Lotharia Latif.
 
Rotasi itu tertuang pada Surat Telegram ST/1554/VII/Kep/2024 yang diterbitkan pada 26 Juli 2024. Tercatat ada 157 Pamen dan Pati yang terkena rotasi.
 
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Trunodoyo Wisnu Andiko mengatakan, mutasi yang dilakukan kali ini dalam rangka promosi, masa purnatugas hingga tour of area. 
 
"Mutasi dilingkup Polri dalam rangka promosi, masa purna, tour of area, dan (rotasi) Kapolda," ujar Trunodoyo kepada wartawan, Sabtu (27/7/2024). 
 
"Tentunya mutasi personel Polri dalam rangka memberikan peningkatan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," lanjutnya. 
 
Dilansir dari surat telegram ST/1554/VII/Kep/2024 yang diterbitkan pada 26 Juli 2024, berikut ini enam Kapolri yang dirotasi: 
 
Irjen Lotharia Latif yang digantikan oleh Irjen Eddy Sumitro Tambunan akan mengisi jabatan Pati Bareskrim Polri untuk persiapan penugasan di luar struktur. Sementara itu, jabatan Korsahli akan diisi oleh Irjen Hadi Gunawan. 
 
Irjen Tornagogo Sihombing yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bangka Belitung digantikan oleh Irjen Hendro yang sebelumnya menjabat sebagai Sahlisosbud Kapolri. Irjen Torganogo kini bertugas sebagai Pati Baharkam Polri. 
 
Adapun jabatan Sahlisosbud Polri nantinya akan diisi Brigjen Uden Kusuma Wijaya. 
 
Irjen Ahmad Luthfi akan menjabat sebagai Pati Itwasum Polri dalam rangka penugasan pada Kementerian Perdagangan (Kemendag). Posisi Ahmad Luthfi akan digantikan oleh Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri. 
 
Keempat, Kapolda Bali Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra diganti dalam rangka pensiun. Sebagai penggantinya, Irjen Daniel Aditya Jaya akan menjadi Kapolda Bali selanjutnya. Daniel sebelumnya merupakan Kapolda Kalimantan Utara. 
 
Kelima, jabatan Kapolda Kalimantan Utara diisi oleh Irjen Hary Sudwijanto yang sebelumnya merupakan Kakor Sabhara Baharkam Polri. 
 
Keenam, Kapolda Bengkulu Irjen Armend Wijaya dirotasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Pidum Bareskrim Polri. Sebagai penggantinya, Brigjen Pol Anwar akan mengisi jabatan Kapolda Bengkulu. 
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa