Pengusutan Kematian Brigpol Yosua Makin Terang Benderang, 25 Personel Diperiksa Irsus

Ferry Edyanto | Kamis, 04 Agustus 2022 - 20:36 WIB
Pengusutan Kematian Brigpol Yosua Makin Terang Benderang, 25 Personel Diperiksa Irsus
Kapolri Jenderal Listo Sigit Prabowo. (Istimewa/Meganews.id).

 

MEGANEWS.ID - Pengusutan kasus kematian Brigadir Nofriansah Yosua Hutabarat makin terang benderang. Sebanyak 25 personel telah diperiksa terkait ketidakprofesionalan dalam penanganan tempat kejadian perkara (TKP) kasus penembakan Brigadir Nofriansah Yosua Hutabarat.

“25 personel ini kita periksa terkait dengan ketikdakprofesionalan dalam penanganan TKP dan juga beberapa hal yang kita anggap itu membuat proses olah TKP dan juga hambatan-hambatan dalam hal penanganan TKP dan penyidikan,” ujar Listyo Sigit didampingi Wakapolri Komjen Gatot Edy dan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Dari 25 personel yang diperiksa, 3 perwira tinggi jenderal bintang satu, 5 personel Komisaris Besar, 3 AKBP, 2 personel Komisaris Polisi, 7 personel perwira pertama, serta bintara dan tamtama 5 sebanyak personel.

Menurut Kapolri, para personel yang diduga tidak profesional itu berasal dari satuan di Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Bareskrim, Polres Jakarta Selatan, dan Polda Metro Jaya.

Penanganan TKP yang tak profesional ini menyebabkan terjadinya hambatan dalam penyelidikan kasus kematian Brigadir Yosua.

"Dan kita anggap membuat proses olah TKP dan juga hambatan-hambatan dalam hal penanganan TKP dan penyidikan yang tentunya kita ingin semuanya berjalan dengan baik," kata Kapolri.

Kapolro menegaskan, berdasarkan arahan presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, Presiden memerintahkan untuk membuka secara transparan dan jujur.

"Sehingga proses penyidikan ini betul betul bisa dipahami dan masyarakat tentunya menginginkan bahwa proses penyidikan yang dilakukan benar benar transparan," tegasnya.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa