Digagas Kapolda Fadil Imran, Kampung Tangguh Berhasil Tekan Zona Merah Covid-19

MegaNews | Senin, 25 Januari 2021 - 01:18 WIB
Digagas Kapolda Fadil Imran, Kampung Tangguh Berhasil Tekan Zona Merah Covid-19
Digagas Kapolda Fadil Imran, Kampung Tangguh Berhasil Tekan Zona Merah Covid-19

MEGANEWS.ID - Sejumlah kawasan atau zona merah di wilayah DKI terkait Covid-19 berhasil ditekan atau dikembalikan menjadi zone hijau. Keberhasilan menekan angka penularan Covid-19 ini tak lepas berkat adanya Kampung Tangguh yang digagas oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Dr Muhammad Fadil.

Berdirinya ratusan Kampung Tangguh guna mencegah meluasnya Covid-19 di wilayah DKI dan sekitarnya dirasakan sangat efektif. Kampung Tangguh gagasan Kapolda Metro Jaya Irjen Dr Muhammad Fadil Imran telah membuahkan hasil menggembirakan menekan angka penularan Covid-19.

Seperti di wilayah Jakarta Timur. Keberadaan Kampung Tangguh di sana, kasus aktif Covid-19 di dua kecamatan di Jakarta Timur kini sudah nihil. Sementara satu kecamatan lainnya angka positif virus Corona berhasil ditekan seminimal mungkin kasusnya. Tiga wilayah kecamatan yang dimaksud, yakni RW 05 Penggilingan, semula 166 kasus aktif Covid-19 kini menjadi nol kasus. Sebelumnya kawasan RW O5 Penggilingan sebelumnya paling tinggi Covid-19 untuk wilayah Jakarta Timur.

Berdirinya Kampung Tangguh Jaya di sana, penyebaran Covid-19 sangat efektif untuk menekan penularan Civid-19 hingga nol. Banyak pihak sangat mengapresiasi, sebab selama ini RW 05 Kelurahan Penggilingan dengan kasus tertinggi Covid-19 di Jakarta Timur.

Begitu juga di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa (PSBLHS) Kecamatan Cipayung dari semula 188 kasus positif Covid-19 berhasil ditekan hingga nol kasus. Sementara itu, di RW 09 Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, kasus positif Covid-19 hingga sekarang tersisa beberapa kasus saja dari total 48 kasus.

Untuk diketahui, Kampung Tangguh Jaya merupakan program kepolisian bersama TNI dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Tercatat hingga sekarang sudah berdiri ratusan Kampung Tangguh Jaya yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Program Kampung Tangguh Jaya bertujuan mendorong kemandirian masyarakat yang berdomisili di Kampung Tangguh Jaya untuk patuh pada protokol kesehatan. Selain mengintensifkan sosialisasi kepada warga terhadap bahaya Covid-19 serta upaya penanggulangannya, Kampung Tangguh Jaya juga memfasilitasi ketahanan pangan warga setempat.

Tekat Kapolda Irjen Fadil Imran pun sudah bulat, wialayah Jakarta harus lepas dari zona merah Covid-19. Untuk mewujudkan tekatnya itu, tidak heran sejak Senin (11/1/2021), Irjen Fadil terus keliling dari satu lokasi ke lokasi lain wilayah hukum Polda Metro Jaya yang masuk zona merah.

Sejak itu, Irjen Fadil memilih berkantor di polsek-polsek yang wilayahnya tercatat sebagai zona merah penyebaran virus Corona. Mantan Kapolda Jawa Timur sengaja memilih berkantor di polsek wilayah zona merah agar dia bisa memantau langsung kinerja anak buahnya dalam penerapan protokol kesehatan bagi warga di lokasi zona merah Covid-19.

Irjen Fadil tidak mau hanya menerima laporan dari anak buahnya di belakang meja atau laporan ABS (asal bapak senag). Jenderal bintang dua itu, sengaja turun langsung ke wilayah yang zona merah virus Corona bersama Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurrahman.

Tujuannya agar bisa melihat langsung apa yang terjadi di lapangan, bukan dari laporan anak buah yang ABS. Apa yang ditemukan langsung di lapangan sehingga dia tidak salah dalam mengambil kebijakan


Apa yang telah digapai Irjen Fadil Imran saat menjabat sebagai kapolda Jawa Timur yang diakui banyak berhasil menekan angka penularan Covid-19 dengan kansep kampung tangguh akan diwujudkan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Keberadaan Kampung Tanguh Jaya, selain dalam upaya mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, juga sekaligus meringankan kehidupan dan kebutuhan warga. Ratusan kampung tangguh kini menyebar di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta hingga sekarang masih sangat tinggi. Kondisi ini berpotensi akan terus meningkat jika tidak diintervensi secara cepat dan tepat.

Melihat kondisi ini, Kapolda Irjen Fadil Imran tidak mau berdiam diri di kantor. Dia turun langsung ke lapangan dan segala sumber daya dikerahkan untuk menolong rakyat agar terbebas dari pandemi Covid-19.

Seluruh jajaran Polda Metro Jaya dikerahkan dengan cita-cita luhur dan tekad yang sama, wilayah Jakarta harus bebas dari zona merah.

Kampung Tangguh Jaya merupakan replikasi dari Kampung Tangguh Semeru yang pernah dibangun Fadil sebanyak 1.559 kampung saat menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur di seluruh wilayah tersebut. Program Kampung Tangguh Semeru adalah kolaborasi dan sinergi bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah, Forkominda, perguruan tinggi, rekan-rekan media, kelompok pengusaha dan seluruh komponen masyarakat sampai ke tingkat RT.

Upaya disertai kerja keras tak kenal lelah mendapat sambutan positif dari Presiden Joko Widodo, Kapolri, Panglima TNI sehingga diadopsi menjadi program nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara. Konsep Kampung Tangguh Jaya yang dikembangkan di wilayah DKI Jakarta menggunakan pendekatan berbasis POP (Problem Oriented Policing) melalui upaya scanning, analysis, response dan assessment.

Dalam penerapannya mengedepankan beberapa langkah-langkah sentral, seperti transformation organization, community partnership, problem solving dan community mobilitation.

Menurut Irjen Fadil Imran, mengatasi masalah pandemi ini memang tidak bisa hanya dengan logika berpikir di dalam kotak (in of the box) atau hanya bermain di wilayah ‘comport zone’. Kita harus terus berpikir ‘out of the box’ atau melompat dari kebiasaan konvensional untuk mencari terobosan-terobosan yang strategis dan konstruktif secara berkelanjutan.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa