“Jumat Curhat” di Pondok Petir, Tertibkan Kumpul Oknum Warga Hingga One Gate System

Ferry Edyanto | Jumat, 30 Desember 2022 - 23:30 WIB
“Jumat Curhat” di Pondok Petir, Tertibkan Kumpul Oknum Warga Hingga One Gate System
Kanit 1 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Kompol Abriansyah Harahap di acara "Jumat Curhat" di Bojongsari. Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).

 

MEGANEWS.ID - Arahan Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, agar seluruh jajaran peka menampung keluhan masyarakat, Polda Metro Jaya mulai bergerak mengikuti dengan membuat program bernama “Jumat Curhat”.

Ada 171 titik lokasi untuk menandai dimulainya program ini pada Jumat, (30/12). Salah satu titik itu adalah Kelurahan Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok. Untuk venue pelaksanaan program dipilih Saung Bukit di Perum Vila Pamulang RT 001 RW 10.

Dari pihak Polda Metro Jaya, hadir Kompol Abriansyah Harahap yang sehari-harinya menjabat Kanit 1 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya dan Kompol Otoli Mendrofa yang menjabat Kasubbagren Progar Polres Metro Depok.

Sementara dari elemen masyarakat diwakili Ketua RW 010, Bramantyo, Ketua RT 001 RW 010, M Alif, dan tokoh masyarakat RW 010, Dr Bambang.

Dalam dialog melepaskan uneg-uneg, warga menyampaikan keluhannya kepada Ketua RW 012. Uneg-uneg yang disampaikan adalah keberadaan tempat perkumpulan oknum warga di sekitar rel kereta api dalam wilayah RW 012.

Dikatakan, oknum warga tersebut selalu berkumpul hingga larut malam. Bukan cuma itu, si oknum warga juga berani mengundang warga dari luar RW 012 untuk datang meramaikan acara berkumpul.

Sehari dua hari, lanjut warga, hal ini masih dibiarkan dan dianggap biasa. Namun si oknum warga kuat diduga salah persepsi terhadap pembiaran itu. "Makin ke sini makin larut malam waktu kumpul dan makin banyak jumlah orangnya. Juga berisik dan ingar bingar mengganggu kami," keluh warga kepada Kompol Abriansyah dalam pertemuan "Jumat Curhat".

Keluhan ini langsung ditampung dan dijanjikan segera ditindaklanjuti pihak kepolisian. “Kita akan tindaklanjuti uneg-uneg ini dengan menertibkan kegiatan kumpul-kumpul tersebut agar tak lagi meresahkan warga RW 012,” janji Kompol Abriansyah Harahap dengan tegas.

Berikutnya lagi, dalam sesi diskusi mencari solusi dari masyarakat tentang rawan kamtibmas, Ketua RW 010 Bramantyo menyampaikan laporan kalau warganya sudah siap dengan solusi one gate system serta penjaga keamanan yang bertugas 24 jam sistem shift.

Selain itu, Bramantyo menyambung, para pemuda juga akan digerakkan untuk membuat kegiatan positif yang beragam di dalam lingkungan RW 010.

Kegiatan “Jumat Curhat” di Kelurahan Pondok Petir dimulai sejak pukul 16.00 WIB dan berlangsung lancar juga interaktif. Akhir acara juga ditandai dengan pemberiaan acendera mata “Jumat Curhat” berupa jam dinding ke perwakilan warga.

Sebagai penanggungjawab kegiatan, Kapolsek Bojongsari, Kompol Yogi Maulana pun pastinya plong dan semringah menyaksikan semua rangkaian kegiatan ini. 

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa