Tingkatkan Profesionalisme dan Kreativitas, Bidhumas Polda Metro Jaya Gelar Pelatihan Jurnalistik

FERRY EDYANTO | Kamis, 08 Agustus 2024 - 14:41 WIB
Tingkatkan Profesionalisme dan Kreativitas, Bidhumas Polda Metro Jaya Gelar Pelatihan Jurnalistik
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam buka pelatihan tentang Jurnalistik di Ruang Media Managemant Center Bid Humas Polda Metro Jaya, Kamis (8/8/2024). Foto: (Istimewa/Meganews.id)
 
MEGANEWS.ID – Upaya meningkatkan kemampuan personel di bidang Kehumasan, Bidang Humas Polda Metro Jaya kembali menggelar pelatihan tentang Jurnalistik, acara berlangsung di Ruang Media Managemant Center Bid Humas Polda Metro Jaya, Kamis (8/8/2024). 
 
Kegiatan dibuka langsung oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam dan dikuti oleh Para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Satker Polda Metro Jaya dan Kasihumas Polres dan Polsek jajaran. Hadir sebagai Narasumber Dr. Muslikhin, S.Pd, M.I.Kom selaku Hop Mass Communication Binus University.
 
Ade mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik bagi personel Polri yang mengemban fungsi kehumasan di tingkat Polda, Polres maupun Polsek.
 
"Kami berharap dengan dilaksanakan pelatihan penulisan berita ini dapat meningkatkan profesionalisme dan kreativitas personel dalam pengelolaan dan penyajian berita Kepolisian," ucapnya.
 
Kemudian Ade meminta agar seluruh peserta betul-betul dapat menyerap materi yang telah disampaikan oleh narasumber karena pelatihan ini sangat bermanfaat karena di era globalisasi yang didukung kemajuan teknologi, telah menjadikan dunia lebih transparan, sehingga informasi dapat tersebar dengan cepat.
 
“Kita harus memiliki keterampilan jurnalistik yang baik agar informasi yang disampaikan kepada publik seperti kegiatan postif serta pencapaian keberhasilan dalam kinerja Polri dapat diterima dengan mudah dan dipahami dengan benar oleh masyarakat karena saat ini berita  hoax semakin meningkat," ungkapnya.
 
Sementara itu Narasumber Dr. Muslikhin, S.Pd, M.I.Kom menyampaikan beberapa materi diantaranya tentang Press Release/Keterangan Press serta dan Pembuatan Penulisan Berita untuk Website. 
 
“Dalam Pembuatan dan penulisan Press Release kita terlebih dahulu harus memahami jenis, struktur dan tata cara serta tujuannya agar menghasilkan Informasi yang baik dan benar serta terpercaya bagi publik," ucapnya. 
 
Kemudian diapun menjelaskan bagaimana dasar dan tata cara dalam penulisan berita untuk Website.
 
“Untuk menulis berita didalam Website kita harus memperhatikan 5 W + 1 H What, Who, Why, When, where, dan How serta Search Engine Organization (SEO) Friendly agar apa yang dituliskan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat maupun orang pembaca berita," jelasnya.
 
Setelah pemamparan dari narasumber selesai dilanjutkan kegiatan praktek pembuatan Press Release dan penulisan berita untuk website oleh peserta latihan.
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa