Soleh Hudin, Anak Muda Juragan Laptop Beromzet Ratusan Juta di Tangerang

Ferry Edyanto | Jumat, 16 Juni 2023 - 20:36 WIB
Soleh Hudin, Anak Muda Juragan Laptop Beromzet Ratusan Juta di Tangerang
Soleh Hudin Azhar. Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).

 

MEGANEWS.ID - Untuk menjadi sukses dalam berbisnis modalnya harus tekun dan jangan pernah takut untuk mencoba tantangan. Dengan tekad yang kuat, segala kesulitan akan bisa dilalui meski dengan proses yang panjang.

Ya, itulah pengalaman yang dirasakan oleh Soleh Hudin Azhar, seorang pebisnis laptop dan barang elektronik lainnya dalam bincang-bincang dengan Meganews.id di tokonya, yang terletak di Jalan KH Hasyim Ashari, No. 46 Karang Tengah Tiledug, Tangerang, Jumat (16/6/2023) sore.

Pria kelahiran 21 September 1992 ini punya pengalaman dan segudang cerita menarik sebelum terjun di bisnisnya sekarang. "Saya telah mencoba banyak usaha sebelum menjadi pebisnis laptop dan barang-barang elektronik," ucapnya membuka percakapan.

Di usianya yang baru 30 tahun, Soleh Hudin telah melakoni banyak pengalaman dalam hidupnya. Ia juga bukanlah pebisnis yang terlahir dari keluarga orang kaya atau tajir. 

Soleh Hudin terlahir dan kecil tinggal di keluarga yang sederhana. Ayahnya hanyalah seorang buruh yang bekerja serabutan berasal dari Tasikmalaya. Sedangkan ibunya hanyalah seorang tukang jahit pakaian, berasal dari Kebayoran Lama Cidodol, Jakarta Selatan.

Mungkin karena terlahir dari keluarga yang hidup pas-pasan, Soleh Hudin menjadikan potret kehidupan orang tuanya sebagai motivasi hdup.

Dari situ, Soleh Hudin yang beristrikan Siska Arianti, memulai debut hidupnya bekerja di sebuah restauran Jepang. Tapi itu tidak bertahan lama. Upayanya untuk mewujudkan harapan membantu ekonomi kedua orang tuanya, tidaklah cukup. 

Adrian Laptop Store, terletak di Jalan KH Hasyim Ashari, No. 46 Karang Tengah Tiledug, Tangerang. Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).

 

Sebagai pegawai restauran, penghasilan yang ia terima tak memadai untuk mewujudkan harapannya. Setelah bekerja selama 1,5 tahun, pria pemilik Instagram: @soleh.azhar21 dan @adrian_elektronik ini kemudian resign. Undur diri mencari bidang pekerjaan lain.

Tak berlangsung lama dari resign-nya, Soleh Hudin melabuhkan pekerjaannya di The Dharmawangsa Hotel. Tapi, itu pun tak berlangsung lama. Ia hanya menjalani sekitar 1 tahun sebagai Pastry Chef atau pembuat roti dan kue. 

Perjalanan hidup kemudian membawanya ke kawasan Tanah Abang di Jakarta Pusat. Setelah jobless beberapa saat, Soleh Hudin menjadi demo Chef makanan pastry dan roti di keju kraft dan tepung lumbung di mall dan pasar-pasar tradisional.

Tapi karena kurang tantangan, bidang pekerjaannya itu pun ditinggalkan. Ia pun akhirnya banting stir menerjuni dunia bidang elektronik dengan membuka gerai usaha rental plat station, akrab dikenal dengan sebutan PS.

"Saya membuka rentalan PS dan usaha lain, yakni kue rumahan," ujarnya.

Lagi-lagi keberuntungan belum berpihak kepadanya. Usaha yang dilakoninya tutup karena tak ada prospek ekonomi.

Berkali-kali gagal dalam usahanya, tak membuat Soleh Hudin patah arang. Ia pun mencari bidang lain dengan jualan laptop. Usaha jualan laptop dilakoninya dari 1 unit, 2 unit di rumah kontrakannya sendiri tanpa karyawan.

Rupanya, dari usaha ini kehidupannya mulai beranjak naik. Permintaan laptop jualannya dari hari kehari odernya semakin banyak dan terus tumbuh bersama perangkat elektronik dan handphone.

Kini, usaha Soleh Hudin telah tumbuh dan berkembang pesat. Ia pun telah banyak memperkerjakan banyak karyawan sebagai tenaga kerja di tempat usahanya yang telah merambah sebagai distributor laptop di wilayah Tangerang.

Namanya Adrian Laptop Store, terletak di Jalan KH Hasyim Ashari, No. 46 Karang Tengah Tiledug, Tangerang. 

Soleh Hudin percaya, sukses adalah buah dari sebuah ketekunan. Berkat usaha keras yang dirintisnya sejak tahun 2013, impiannya kini mulai nyata. "Jatuh bangun itu biasa, suka duka adalah pengalaman hidup. Di balik itu semua pasti akan ada jalan, itu yang saya rasakan," ucapnya.

Meski ada lompatan lain yang ingin dicapai, Soleh Hudin mengaku bersyukur, kegiatan usahanya terus tumbuh dan berkembang, melahirkan banyak pebisnis-pebisnis baru dibidangnya. 

Dalam menjalankan usahanya, Soleh Hudin punya banyak cara untuk menarik order jualannya tetap laku terjual. Salah satunya, yakni dengan promo menarik dan giveaway setiap harinya.

Dikatakannya, usaha jualannya di Adrian Laptop Store memang laris manis. Dan itu benar-benar sangat disyukurinya. Banyak customer yang repeat order ke toko dan penjualan laptop juga selalu diserbu pembeli setiap hari.

Dengan semangat yang besar, ia berharap usahanya bisa membuka cabang diseluruh Indonesia sehingga bermanfaat bisa menghidupi kehidupan orang lain. 

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa