Patris Yurian Jaya Dilantik Jadi Kajati Jakarta, Jaksa Agung Ingatkan Penegakkan Hukum Harus Berkeadilan

Ferry Edyanto | Jumat, 18 Oktober 2024 - 20:24 WIB
Patris Yurian Jaya Dilantik Jadi Kajati Jakarta, Jaksa Agung Ingatkan Penegakkan Hukum Harus Berkeadilan
Jaksa Agung ST. Burhanudin menyematkan lencana kepada Patris Yusrian Jaya Jaya sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta. Foto: (Istimewa/Meganews.id).
 
 
MEGANEWS.ID - Jaksa Agung ST. Burhanudin melantik Patris Yusrian Jaya Jaya sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta dan Mayjen Wahyoedho Indrajit sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Militer, di Lantai 11 Gedung Utama Kejaksaan Agung, Jumat (18/10/2024). Ketua Komisi Kejaksaan hingga jajaran Jaksa Agung Muda turut hadir.
 
Yusrian menggantikan posisi yang ditinggalkan Rudi Margono yang telah diangkat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Kejaksaan Agung.
 
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Harli Siregar menyampaikan amanat Jaksa Agung agar kedua pejabat yang baru dilantik dapat segera beradaptasi dan mampu menyelesaikan seluruh persoalan yang ada.
 
Kata Kapuspen, Jaksa Agung, meminta agar pola penegakan hukum dapat dilakukan dengan proporsional dan melihat nilai-nilai keadilan di masyarakat. Serta memastikan apabila seluruh putusan hukum dapat memberi manfaat dan kepastian untuk menciptakan ketertiban di masyarakat.
 
"Senantiasa mendukung pelaksanaan program pemerintah khususnya dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045," ujar Harli dalam keterangan tertulis.
 
Secara khusus, Burhanuddin juga mewanti-wanti agar Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta segera bersiap untuk mengawal pelaksanaan Pilkada serentak melalui sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).
 
Menurut Jaksa Agung, ini menjadi momentum pengingat atas tanggung jawab yang telah diamanatkan dalam rangka penegakan hukum. "Serta memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat yang berkeadilan, berkepastian serta berkemanfaatan," ucapnya.
 
 
Sosok Patris Yusrian Jaya
 
Patris merupakan pria kelahiran Muara Enim, 10 Maret 1972. Ia telah malang-melintang menduduki sejumlah jabatan strategis di lingkungan Korps Adhyaksa. Mulai dari Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau pada 2015, Asisten bidang Tindak Pidana Khusus Kejati Bangka Belitung 2016, dan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat pada 2017.
 
Kemudian, Patris dipromosikan menjadi Asisten bidang Intelijen Kejati Jawa Barat pada 2019. Ia kemudian menjadi Koordinator Jampidsus Kejagung pada 2020.
 
Selang setahun kemudian, pada 2021, Patris lalu diangkat menjadi Wakil Kepala Kejati Kepulauan Riau. Setelahnya, ia juga sempat ditempatkan sebagai Wakil Kepala Kejati DKI Jakarta pada 2022 lalu.
 
Patris juga sempat ditugaskan menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara. Hingga akhirnya, kini ditugaskan menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta.
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa