Maju Lagi sebagai Calon Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari Inginkan Banyak Atlet Indonesia "Berdiri di Panggung Dunia"

Ferry Edyanto | Rabu, 07 Juni 2023 - 23:25 WIB
Maju Lagi sebagai Calon Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari Inginkan Banyak Atlet Indonesia
Puluhan anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyatakan dukungannya untuk pasangan Raja Sapta Oktohari dan Ismail Ning sebagai ketua umum dan wakil ketua umum KOI periode 2023-2027. Foto: (Ferry Edyanto/Meganws.id).

 

MEGANEWS.ID - Raja Sapta Oktohari menyatakan dirinya maju kembali di pemilihan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2023-2027. Ia menginginkan lebih banyak lagi atlet Indonesia "Berdiri di Panggung Dunia".

Raja Sapta Oktohari yang akrab disapa Okto, menggandeng Ismail Ning sebagai wakil ketua umum yang diperkenalkan langsung saat deklarasi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023) malam. 

"Dengan mengucap bismillah, saya Raja Sapta Oktohari bersama saudara saya Ismail Ning akan maju menjadi ketua umum KOI," ucap Raja Sapta mendeklarasikan diri disambut tepuk gempita hadirin yang hadir.

"Apakah bapak ibu sekalian berkenan kembali berjuang bersama kami? Saya sama Ning berjanji akan mewakafkan waktu kami untuk olahraga Indonesia," ucap Okto bersemangat.

Saat mengucapkan orasinya, Okto didampingi Ismail Ning. Ismail Ning bukanlah orang baru di dunia olah raga. Ia adalah pengusaha yang sering terlibat dalam organisasi sejumlah cabang olahraga, seperti jet ski. Tema yang diusung Okto dan Ning adalah "Berdiri di Panggung Dunia".

Deklarasi Calon Ketua Umum KOI periode 2023 - 2027 Raja Sapta Oktohari ini dihadiri mayoritas pengurus cabang olah raga yang memberikan pernyataan dukungannya langsung untuk Okto. 

Deklarasi calon Ketum KOI periode 2023 - 2017, Raja Sapa Oktohari. Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).

Okto 'dikawal' Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak yang bertindak sebagai Ketua Tim Pemenangannya. Selain para pengurus cabang olah raga, acara deklarasi itu dihadiri sejumlah tokoh, di antaranya Trimedya Panjaitan, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, tokoh Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno hingga Yenny Wahid putri Abdurahman Wahid ikut memberikan dukungannya.

Dari atas podium, Ketua Tim Pemenangan, Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak, menyebut Raja Sapta Oktohari adalah aset bangsa. Banyak kemajuan dan prestasi olah raga telah dicapai sepanjang Okto memimpin Komite Olahraga Indonesia.

"Harus kita akui ditangani oleh Ketua KOI saat ini, telah banyak prestasi telah dilahirkan," ucap Maruli Simanjuntak.

Maruli Simanjuntak yang Ketum PB Persatuan Judo Seluruh Indonesia dan juga Judo Militer tingkat Dunia ini, menyebut Okto total dalam menjalankan tugasnya di bidang olah raga tanah air. "Mudah mudahan setelah acara lebih mendukung RSO melanjutkan tugasnya. Kita semua bisa membangun olah raga Indonesia," jelas Maruli menutup sambutannya.

 

Sukses dan Humble

Raja Sapta Oktohari terlahir dari keluarga sukses dan humble. Sebagaimana ayahnya, Ketum Hanura Oesman Sapda Odang (OSO), Okto dikenal sangat dekat dengan berbagai kalangan.

Tak heran jika kegiatan deklarasinya didukung puluhan pengurus cabang olah raga yang hadir di acara tersebut.

Kepada para pendukungnya yang hadir itu Okto terlihat sangat akrab. Okto kemudian menceritakan pengalamannya ke belakang. "Saya lahir dari keluarga yang cinta olah raga. Mulai dari promotor tinju, Ketua ISSI DKI sampai PB ISSI. Setelah 56 tahun ISSI gak dapat emas di Asian Games, terakhir dapat dua emas. Terus di SEA Games Kamboja, sepeda jadi juara umum," kata Okto seraya disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Okto menjelaskan alasan dirinya ingin kembali maju sebagai Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia. Salah satunya karena memenuhi cita - cita seluruh rakyat Indonesia agar semakin banyak atlet, pelatih dan wasit tampil di kancah dunia.

"Saya tak mengejar jabatan tapi saya ingin berjuang bersama kedepan. Kita harus mengirimkan jumlah atlet yang banyak ke Olimpiade Paris 2024 kita akan cetak sejarah dengan meraih emas banyak di Paris 2024, " ucap Okto dengan yakin.

Dan untuk bisa muwujudkan harapan itu, Okto menyebut alasan mengapa menggandeng Ismail Ning menjadi wakilnya.  "Saya harus didampingi oleh orang yang sama dengan olah raga. Salah satunya Ismail Ning (calon wakil ketua umum). Dia orang yang cinta sama olah raga dan Jadi atlet triathlon sampai saat ini," sebut Okto dengan nada mantap.

Sekedar informasi, Komite Olimpiade Indonesia mengumumkan pelaksanaan kongres pemilihan akan dihelat pada 30 Juni 2023 di Jakarta. 

Pendaftaran calon ketua umum, wakil ketua umum, serta komite eksekutif untuk periode berikutnya akan segera dibuka.

Ketua Panitia Pelaksana Kongres, Ismail Ning, menyampaikan ada 66 dari 67 cabor anggota atau federasi nasional yang sudah terverifikasi dan akan memiliki hak suara dalam kongres

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa