FIKOM UMB dan USM Ciptakan Platform Cinta Lingkungan di Kota Tangerang

Ferry Edyanto | Selasa, 08 Maret 2022 - 15:37 WIB
FIKOM UMB dan USM Ciptakan Platform Cinta Lingkungan di Kota Tangerang
(Istimewa/Meganews.id)

 

MEGANEWS.ID - Semakin maraknya budaya bermedia sosial (medsos) di kalangan remaja, ternyata tidak mengurangi aktivitas mereka dalam menjaga lingkungan hijau. Justru maraknya budaya medsos semakin memperluas cakupan “pembicaraan” (social media discourse) tentang bagaimana menjaga lingkungan hijau, bagaimana etika dalam menjaga lingkungan, dan bagaimana cara kreatif membangun kesadarannya dalam menciptakan dan menjaga lingkungan agar tetap nyaman, sehat, aman untuk dihuni.

Semua tekad tersebut dapat ditemui dalam agenda Pengabdian Pada Masyarakat oleh Team Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, bekerjasama dengan School of Communication Universiti Sains Malaysia dan SMAN 2 Kota Tangerang, Banten.

Tema yang diulas tentang “Komunikasi Lingkungan: Perspektif Budaya, Teknologi, Pendidikan guna Membangun Kesadaran Menjaga Lingkungan Hijau di Kalangan Remaja," Selasa (8/3/2022).

Hadir sebagai narasumber tamu Dr. Mohamad Saifudin Mohamad Saleh (Wakil Dekan Akademik, Karir dan Internasional School of Communication University Sains Malaysia).
 
Melalui platform zoom meeting, acara tersebut diikuti sekitar 350 peserta, yang terdiri dari siswa siswi kelas X SMAN 2 Kota Tangerang, yang memiliki minat dan kajian khusus tentang upaya menjaga lingkungan dalam bentuk projek kreativitas remaja, para bapak ibu guru, team dosen serta mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UMB.

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memperkuat karakter siswa agar peduli pada lingkungan bersih, rapi, asri, dan nyaman dengan membuang sampah pada tempatnya, serta aktivitas positif lainnya, baik secara langsung maupun bermedia.

Secara global, itulah yang disebut komunikasi lingkungan atau komunikasi alam sekitar (versi Malaysia). Komunikasi lingkungan, dapat dicermati secara multi perspektif, baik dari sisi budaya, pendidikan bahkan teknologi.  
 
Maka masing-masing narasumber team dosen FIKOM UMB, yang terlibat penuh dalam rangkaian acara Pengabdian Pada Masyarakat tersebut, mengulas beragam sub topik yang relevan dengan kebutuhan remaja. Diawali tentang bagaimana perubahan lingkungan dalam kacamata fotografi, oleh Dr. Suraya, M.Si (Dosen Tetap sekaligus Ketua Bidang Studi Broadcasting FIKOM).

Kedua, mengulas secara detil tentang implementasi komunikasi lingkungan dengan strategi menanggalkan kantung plastik dalam segala aktivitas remaja, disampaikan oleh Rizki Briandana, M.Comn, Ph.D (Dosen Tetap FIKOM sekaligus Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UMB).
 
Selanjutnya, Dr. Irmulansati T, SH, M.Si (Dosen Tetap FIKOM UMB), mengulas tentang aplikasi sosialisasi interaktif yang seringkali dibutuhkan remaja dalam menyebarluaskan virus positif menjaga lingkungan hijau di Kota Tangerang.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa