Ansor Banser NU Solo Siap Sukseskan Haul ke-111 Habib Ali Al Habsy

Ferry Edyanto | Minggu, 13 November 2022 - 17:48 WIB
Ansor Banser NU Solo Siap Sukseskan Haul ke-111 Habib Ali Al Habsy
Banser NU Solo Siap Amankan Haul Habib Ali Al Habsy yang ke-111. Foto: (Istimewa/Meganews.id).

 

MEGANEWS.ID - Acara haul Habib Ali Al Habsy yang ke-111 atau Haul Solo akan dihadiri puluhan ribu jamaah dari berbagai penjuru daerah se-Indonesia. Bahkan tamu haul juga datang dari luar negeri, sejak hari ini mulai mulai masuk ke Kota Solo.

"Hingga sore ini kita sudah memasang empat posko di agenda Haul," ujar Ketua Banser NU Solo, Arif Syarifudin kepada Meganews.id, Minggu (13/11/2022) sore.

Arif menyebut acara Haul ke-111 Habib Ali Al Habsy merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun di Masjid Riyadh Pasar Kliwon. Tahun ini jamaah yang akan hadir akan menjadi lebih banyak mengingat 2 tahun yang lalu terkendala akibat PPKM Covid-19.

Arif menjelaskan Banser NU Kota Surakarta sebagai garda terdepan ANSOR dan NU, akan bertugas mengamankan dan mensukseskan agenda Haul Habib Ali Al Habsyi yang ke-111.

Dari empat titik posko yang menjadi pos pengamanan selama berlangsungnya kegiatan Haul, di antaranya;

1. Posko Pasar Kliwon
2. Posko depan RS KUSTATI
3. Posko Masjid Riyadh.
4. Posko Baturono

Dari kegiatan ini, sedikitnya diterjunkan 1.200 anggota Banser NU untuk mengamankan para hadirin yang diperkirakan jumlahnya tak kurang dari 30 ribuan tamu dari wilayah Jawa dan luar Jawa. "Bahkan ada yang dari luar," tukasnya.

Arif mengatakan pihaknga membagi sisten pengamanan ke dalam 3 shift. "Personil Banser ini akan bertugas di Haul Habib Ali Al Habsyi selama 1 x 24 jam " ujar Arif.

Adapun untuk keberadaan posko induk akan ditempatkan di depan RS Kustati.

Ditambahkan Arif, sistem pengamanan juga bekerjasama dengan unsur TNI - Polri, Satpol PP, Linmas dan beberapa ormas lainnya. lain. Banser sebagai garda terdepan siap mensukseskan Haul Habib Ali Al Habsy tahun ini," paparnya.

Kendati demikiab Arif menyampaikan tetap menghimbau kepada tamu haul tetap waspada dan menjaga barang bawaan dengan hati-hati. "Puncak acaranya hari Selasa dan Rabu," kata Arif.

Ali Habsy merupakan ulama besar yang berpengaruh di Kota Solo. Dengan adanya Haul ini diharapkan akan semakin menguatkan Ukhuwah Islamiyah diantara anak bangsa. Tak kurang Nusron Wahid diperkirakan akan hadir di acara Haul tersebut. 

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa