Tatap Muka dengan Forum Pemred, Kapolda Metro Jaya: Membangun Jakarta Perlu Sinergitas

Ferry Edyanto | Rabu, 07 Desember 2022 - 22:38 WIB
Tatap Muka dengan Forum Pemred, Kapolda Metro Jaya: Membangun Jakarta Perlu Sinergitas
Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran di acara tatap muka dengan sejumlah pemimpin redaksi di loby Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Rabu (7/12/2022). Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).

 

MEGANEWS.ID - Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran bertatap muka dengan sejumlah pemimpin redaksi (Forum Pemred) di loby Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Rabu (7/12/2022) malam. Kapolda menyampaikan sejumlah agenda penting terkait bidang Kamtibmas, termasuk pentingnya sinergitas dalam membangun Jakarta.

Kegiatan yang dihadiri para Pejabat Utama dan Kapolres di jajaran Polda Metro Jaya, itu berlangsung dalam suasana penuh keakraban.

Kapolda Metro Jaya mengatakan ada beberapa rangkaian sederhana di momen ulang tahun Polda Metro Jaya yang usianya ke 73 tahun, yang mengambil tema: “Terus melindungi, mengayomi dan melayani”. 

Fadil berharap Polda Metro Jaya akan semakin baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini mengaku bangga sekaligus sebuah kehormatan baginya bisa bertatap muka dengan para pemimpin redaksi dalam memecahkan berbagai dinamika yang berkembang di masyarakat.

"Kami ingin masukan dari teman-teman pemimpin redaksi, mudah-mudahan bisa terus bersinergi," ucap Fadil.

Ditegaskan Fadil, Jakarta sebagai kota besar memerlukan sinergitas dan kerjasama dari berbagai unsur profesi sebagai solusi untuk pemecahan atas dinamikanya.  “Jakarta merupakan etalase negeri keberagaman suku budaya profesi dan ciri khas lainnya. Kami memandang bahwa perlu membangun sebuah cara berfikir baru tentang bagaimana menjaga keamanan di ibukota ini," terang Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan bahwa permasalahan utama di Jakarta adalah bidang Kamtibmas. "Bukan soal kerawanan, namun turbulensinya," tandasnya.

Dikatakannya, kamtibmas memiliki kausalitas atau sebab akibat yang berhubungan dengan tantangan ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, pertahanan dan keamanan (Ipoleksosbudhankam).

Dalam konteks itu pula, dia mengatakan jajarannya telah melakukan berbagai upaya dan serangkaian tugas ke lapangan, langsung menyentuh ke lapisan masyarakat. 

“Polda Metro Jaya telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka menjaga kamtibmas. Dalam beberapa kesempatan saya turun ke lapangan melihat analisis dan eksekusi," paparmya.

Adapun sejumlah kegiatan yang sudah dijalankan terkait terciptanya kamtibmas, di antaranya disebutkan Fadil adalah membentuk Kampung Tangguh Jaya, Vaksinasi Merdeka, Ramadhan Barokah, Qurban Barokah, Streat Race Polda Metro Jaya, Patroli Perintis Presisi, Ada Polisi dan FGD (Focus Group Discussion).

"Program ini merupakan bentuk keseriusan kami, Polda Metro Jaya untuk menjaga kamtibmas dan menerapkan pemolisian yang modern yang berorientasi pada pencegahan agar Jakarta semakin aman, nyaman. Adem dan sejuk," ujar Fadil.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa