KAI Pusat Apresiasi Layanan dan Fasilitas Rutan Bengkulu Menuju Zona Integritas

Ferry Edyanto | Kamis, 29 Februari 2024 - 21:56 WIB
KAI Pusat Apresiasi Layanan dan Fasilitas Rutan Bengkulu Menuju Zona Integritas
Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI), Erman Umar dan jajaran disambut Karutan Bengkulu, Farizal Antony dalam kunjungannya ke Rutan Kelas IIB Bengkulu, Kamis (29/2/2024). Foto: (Istimewa/Meganews.id).
 
MEGANEWS.ID - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Bengkulu menerima kunjungan dari Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI), Erman Umar, Kamis (29/2/2024). Kehadiran Presiden KAI bersama jajarannya itu disambut oleh Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Bengkulu, Farizal Antony. 
 
Kepada wartawan, Erman Umar mengapresiasi fasilitas dan pelayanan publik di Rutan Kelas IIB Bengkulu, khususnya dalam memfasilitasi pelayanan bantuan hukum bagi tahanan selama masa peradilan.
 
"Dari apa yang kita lihat secara langsung, pelayanan publik di Rutan Kelas IIB Bengkulu sangat luar biasa. Khususnya dalam memfasilitasi tahanan untuk mendapatkan bantuan hukum maupun pendampingan dari penasehat hukum selama menjalani masa persidangan," ujar Erman.
 
Pengacara Bripka Ricky Rizal di kasus penembakan Yosua Hutabarat oleh Ferdy Sambo, itu.juga melihat-lihat ruang perawatan yang terdapat di rumah tahanan tersebut. "Tentunya patut kita apresiasi sebagai lembaga yang menjalankan fungsi perawatan terhadap tahanan, Rutan Bengkulu telah berhasil menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal," ujar Erman.
 
Sementara itu, Farizal Antony menyambut baik kunjungan tersebut. Dia menyatakan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh rombongan KAI. 
 
Farizal menegaskan komitmen Rutan Bengkulu untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menjaga standar etika dalam penanganan tahanan.
 
"Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan standar hukum dan kemanusiaan yang berlaku," ujar Farizal.
 
Baginya, kunjungan Presiden DPP Kongres Advokat Indonesia ke Rutan Bengkulu sebuah kehormatan sekaligus menjadi motivasi tambahan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
 
"Bagi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas kami. Kunjungan ini juga menjadi momentum untuk memperkuat sinergi dengan pihak advokat dalam upaya menciptakan sistem peradilan yang lebih adil dan bermartabat. Diharapkan, kerjasama yang terjalin akan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia," pungkas Farizal.
 
Wakil Sekjen DPP KAI Chairul Aman dan Arman Supraman, Ketua DPD KAI Provinsi Bengkulu Ilham Patahillah, terlihat mendampingi Presiden Erman Umar saat melihat dari dekat sejumlah fasilitas pelayanan di rutan tersebut.
 
Termasuk Sekretaris DPD KAI Provinsi Bengkulu Saiful Anwar, Ketua DPC KAI Kota Bengkulu Benni Hidayat, advokat Nasarudin dan advokat Ranggi Setiyadi.
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa