Kongres Advokat Indonesia Jatim Gelar Musda IV Berlangsung Demokratis & Bermartabat

Ferry Edyanto | Rabu, 07 Agustus 2024 - 04:45 WIB
Kongres Advokat Indonesia Jatim Gelar Musda IV Berlangsung Demokratis & Bermartabat
KAI gelar Musda IV di Hotel PCP Trawas Mojokerto Jawa Timur, Sabtu (3/8/2024) di Hotel PCP Trawas Mojokerto Jawa Timur. Foto: (Istimewa/Meganews.id).
 
MEGANEWD.ID -Musyawarah Daerah (MUSDA) IV Kongres Advokat Indonesia Provinsi Jawa Timur, dibuka Presiden KAI Dr Nasrullah Nawawi, SH, MH didampingi Ketua DPD KAI Jawa Timur Roni Wahyono, SH, MH pada Sabtu, 3 Agustus 2024 di Hotel PCP Trawas Mojokerto Jawa Timur. 
 
Gelaran Musda dengan kemasan happening art "Nyekar Bumi" dengan tarian pembuka "Remo Gagak Anyar" buah karya Cak Mo seniman dari Jombang dan suguhan Teater monolog berjudul "Aeng (Alimin) karya Putu Wijaya yang dibawakan oleh Sultan Roman Prananda seorang seniman yang juga anggota KAI Jawa Timur berlangsung khidmat.
 
Turut hadir Musyawarah Daerah (MUSDA) IV Kongres Advokat Indonesia Provinsi Jawa Timur, Forkompimda Provinsi Jawa Timur, Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Mojokerto serta para Senior dan tokoh-tokoh pejuang advokat KAI Provinsi Jawa Timur,  diantaranya H. Sumarso, SH, MH, Haryo Sulistyantoro, SH MHum,  Bambang Krisminarso, SH, MH, Reza Trianto, SH, MH, Teguh Murtiyoso, SH, MH dan juga dihadiri oleh Jajaran Pengurus  DPD dan DPC Kabupaten/Kotamadya se-Jawa Timur.
 
Presiden KAI Dr. Nasrullah Nawawi pada kesempatan itu mengatakan, dengan pelaksanaan Musda IV Kongres Advokat Indonesia Provinsi Jawa Timur ini menunjukan sebagai organisasi yang dinamis dengan munculnya beberapa kandidat membuktikan keberhasilan Kongres Advokat Indonesia Jawa Timur dalam proses regenerasi.
 
Nawani mengatakan,  
Harus dipahami bahwa kaderisasi merupakan hal penting bagi sebuah organisasi, karena merupakan inti dari kelanjutan perjuangan organisasi ke depan. "Tanpa kaderisasi, rasanya sangat sulit dibayangkan sebuah organisasi dapat bergerak dan melakukan tugas-tugas keorganisasiannya dengan baik dan dinamis," ujarnya.
 
Lebih lanjut disampaikannya, agar peserta demokrasi bisa terlaksana dengan baik dalam suasana penuh harmoni dan peserta dapat menggunakan hak suaranya sesuai  hati nurani.
 
Hal senada juga disampaikan oleh H. Sumarso, SH, MH selaku senioren KAI Jawa Timur, agar Musda kali ini dipahami bukan semata-mata sebagai sebuah kompetisi namun lebih dimaknai sebagai pesta demokrasi yang mengedepankan kegembiraan. 
 
Sementara itu Ketua DPD KAI Jawa Timur Roni Wahyono, SH, MH menyampaikan, musyawarah daerah merupakan kedaulatan tertinggi di tingkat wilayah yang diberikan kekuasaan dan wewenang, salah satunya untuk melahirkan pimpinan di tingkat daerah.
 
Patut disyukuri bila menilik perjalanan lima tahun yang lalu KAI  bukan siapa-siapa. Bahkan mungkin kurang menarik untuk dilirik, namun fenomena saat ini banyak banyak calon yang bermunculan untuk meramaikan pesta demokrasi. " Dapat diartikan eksistensi Kongres Advokat Indonesia Jawa Timur sudah menjadi rumah besar yang patut  dibanggakan dan pantas untuk dipinang," ujar Roni.
 
Fenomena yang disampaikan Roni bukan  tanpa fakta, karena sejak awal digaungkannya Musyawarah Daerah IV Kongres Advokat Indonesia Jawa Timur, sudah beberapa flyer kandidat calon Ketua DPD KAI Jawa Timur bermunculan, diantaranya M. Naziri, SHI, MH dan M. Arul Irwansyah, SH, MH yang saat ini sebagai Sekretaris dan Bendahara sempat digadang-gandang  untuk ikut dalam kontestasi.
Begitu pula ada Ketua Dewan Pimpinan Cabang Kota Surabaya, Ismet, SH, MH yang jauh-jauh hari sudah meniatkan diri untuk ikut meramaikan perhelatan dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa