Kiprah Calon DPD RI Nomor 3 DR. H. Bambang Dwi Hartono, Msi Lahirkan Semangat Peduli Lingkungan di Bangka Belitung

Ferry Edyanto | Senin, 22 Januari 2024 - 10:29 WIB
Kiprah Calon DPD RI Nomor 3 DR. H. Bambang Dwi Hartono, Msi Lahirkan Semangat Peduli Lingkungan di Bangka Belitung
Ketua Gerakan Hijau Biru Babelku, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si yang juga Calon Tetap Anggota DPD RI Nomor 3 dari Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung, Ervawi Foto: (Istimewa/Meganews.id).
 
 
MEGANEWS.ID - Ketua Gerakan Hijau Biru Babelku, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si yang juga Calon Tetap Anggota DPD RI Nomor 3 dari Kepulauan Bangka Belitung (Babel), punya cara unik dan tak biasa. Ketika para calon legislator memasang baliho dan spanduk, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si justru hadir ditengah-tengah mahasiswa dan para petani yang diwujudkan dalam aksi peduli lingkungan. Aksi itu melahirkan semangat baru bagi masyarakat Bangka Belitung.
 
Tentu saja, aksi peduli nyata Dosen Pascasarja di Jakarta itu mendapat respon hangat berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, petani birokrat hingga akademisi.
 
Sebagai Ketua Gerakan Hijau Biru Babelku, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si menjalin kerjasama dengan Rektor Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Babel, Ir. Fadillah Sabri, ST., M.Eng, IPM beserta jajaran civitas akademik. Yakni penyerahan empat ton pupuk dan 5.000 bibit tanaman kepada 73 Kepala Desa se-Bangka Belitung.
 
Kiprah dan kepedulian pria kelahiran asli Mentok pada masyarakat Bangka Belitung, ini memang sudah dirasakan langsung manfaatnya. Terutama soal penanaman pohon pada lahan kritis di bekas area penambangan. Lahan kritis pada bekas penambangan mulai terlihat hijau royo-royo setelah direboisasi oleh Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si dan timnya dibantu masyarakat.
 
Dalam kerjasamanya dengan Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Babel, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si -- akrab disapa BDH, mewujud pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Muhammadiyah - Aisyiyah (KKN-MAs) se-Indonesia yang diselenggarakan di Bumi Serumpun Sebalai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, belum lama ini.
 
Ketua Gerakan Hijau Biru Babelku, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si disela-sela acara di Universitas Muhammadiyah (UNMUH), belum lama ini. Foto: (Istimewa/Meganews.id).
 
Di acara itu diadakan penyerahan bibit dan pupuk kepada para petani yang dilaksanakan di Kampus Unmuh Babel. Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si menyatakan dirinya bersama tim penggerak Hijau Biru Babelku sangat senang dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.
 
“Pertama, tema yang diusung dalam KKN-Mas ini sangat sejalan dengan gerakan kami yang sangat konsen terhadap pelestarian lingkungan. Kedua, SDM yang terlibat merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Mereka adalah agent of change atau generasi potensial pembawa perubahan," jelasnya.
 
Ia juga menaruh harapan, penanaman bibit pohon yang dilakukan di 73 desa dapat tumbuh dengan baik dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.
 
“Kami sangat berharap, penanaman dapat meminimalisir kerusakan lingkungan. Atau setidaknya membawa spirit peduli lingkungan dan cinta pelestarian alam," imbuhnya.
 
Ia juga mengapresiasi Unmuh Babel yang terus mempersiapkan diri selaku tuan rumah dalam menyelenggarakan kegiatan besar ini.
 
“Kami sangat apresiasi kepada Pak Rektor Fadillah Sabri, Ibu Zihan, dan semua unsur civitas akademik Unmuh Babel serta pihak lain yang terlibat atas kesiapannya menyambut ribuan mahasiswa dan dosen se-Indonesia serta persiapan lainnya untuk menyukseskan kegiatan besar ini. Ini tentu membawa harum provinsi Babel dan kita patut bangga atas semua itu,” ujar Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si 
 
Selain menyerahkan pupuk dan bibit, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si, juga berkesempatan memberikan materi terkait perencanaan dan pengembangan BUMDes kepada seluruh Kepala Desa yang hadir, para camat serta tamu undangan lainnya.
 
Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung, Ervawi menaruh rasa hormat atas kegiatan yang dilakukan
Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si dan timnya. Ervawi berjanji akan mensupport terus kegiatan pelestarian lingkungan yang dimotori Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si. "Kami akan support terus kegiatan Hijau Biru Babelku," ucapnya.
 
"Kita support terus kegiatan Pak Bambang dengan timnya," sambung Ervawi.
 
Ervawi menyatakan terima kasihnya kepada Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si karena bersama timnya telah membantu pemerintah daerah dalam mengajak peran serta masyarakat menjaga kelestarian lingkungan. 
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa