Tangkis Tudingan Kejagung Terima Rp500 Juta, Natalia Rusli: Alvin Lim Maling Teriak Maling

Ferry Edyanto | Sabtu, 29 Oktober 2022 - 14:47 WIB
Tangkis Tudingan Kejagung Terima Rp500 Juta, Natalia Rusli: Alvin Lim Maling Teriak Maling
Advokat Natalia Rusli, SH. Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).

 

MEGANEWS.ID - Advokat Natalia Rusli mendatangi Polres Jakarta Selatan, melaporkan dugaan pengaduan palsu atau fitnah dan pencemaran nama baik atas dirinya melalui media elektronik. Terlapornya adalah Alvin Lim, Christoper Halim dan Serly Kuganda.

"Ya, saya ke sini (Polres  Jaksel) untuk melaporkan pencemaran nama baik saya di media sosial," ucap Natalia Rusli kepada awak media, Sabtu (29/10/2022).

Pendiri Master Trust Law Firm itu menyebut kasus pencemaran nama baik dirinya terjadi pada 10 April 2021. Natalia melaporkan Alvin Lim, Christoper Halim dan Serly Kuganda dengan Nomor LP/B/3034/X/2022/SPKT/Polres Metro Jaksel/Polda Metro Jaya tertanggal 28 Oktober 2022.

Kepada awak media Natalia mengaku menjadi korban informasi menyesatkan yang dilakukan secara keji dan tanpa hak ke media sosial oleh ketiga terlapor.  

"Saya bersama Pak Chairul Amir; mantan Sesjamdatun Kejaksaan Agung, menjadi korban fitnah Alvin Lim dkk lewat medsos," terang Natalia Rusli.

Dalam berbagai berita, oleh Alvin Lim dan Sherly Kuganda, Natalia Rusli disebut telah melakukan pekerjaan yang dikategorikan sebagai 'markus' atau makelar kasus. Natalia juga disebut-sebut sebagai 'pengacara bodong' dan tidak memiliki ijasah sarjana hukum.

Menurut Natalia Rusli, dirinya dan Chairul Amir oleh Alvin Lim disebut sebagai mafia kasus, berkolaborasi mengambil keuntungan Rp500 juta terkait penangguhan penahanan seorang tersangka pada perkara yang yang kasusnya tengah ditangani di Jawa Timur.

"Padahal itu semua tidak ada. Itu adalah rangkaian cerita fiktif yang narasinya dibangun oleh Alvin dkk untuk merusak institusi Kejaksaan Agung. Itu fitnah. Alvin sengaja membangun opini menyesatkan, padahal uang Rp500 juta itu sebenarnya dialah yang menikmati. Alvin Lim maling teriak maling," tegas Natalia.

Keterangan Natalia Rusli diperkuat Chaerul Amir yang membantah dirinya terlibat mafia kasus saat menjabat sebagai Sekretaris Jaksa Agung Perdata dan Tata Usaha Negara (Sesjamdatun). 

Chairul Amir menyebut bahwa berita yang menyebut dirinya sebagai mafia kasus adalah berita tidak benar. "Sama sekali tidak benar," tegasnya.

Pun demikian, Chairul Amir harus menanggung beban dari semua berita miring yang dilansir Alvin Lim dkk kepadanya. Chairul Amir dicopot dari jabatan struktural di Kejagung, yang diakui tak pernah dia lakukan.

Tendensi negatif celotehan Alvin Lim di media sosial, juga diakui Natalia menimpa dirinya. Di mana berita-berita tersebut telah mencemarkan dan merusak nama baik dan reputasinya sebagai advokat yang sah dan dilindungi oleh Undang-undang.

Natalia Rusli menyebut Alvin Lim dan Sherly Kuganda membuat dan mengedit video yang kemudian disebar ke media sosial. Padahal, video yang dibuat dan diedit tersebut, sama sekali tidak ada korelasinya dengan cerita pemerasan Rp500 yang dibuatnya. 

"Tuduhan pemerasan itu adalah rangkaian cerita yang mereka bangun lewat editan-editan video, sehingga seolah-olah benar terjadi. Padahal itu sama sekali tidak benar. Fiktif. Buktinya, kasusnya kan, dihentikan pengusutannya di Polda Metro Jaya," ujar Natalia. 

"Harga diri saya dirusak oleh mereka. Termasuk institusi Kejaksaan Agung. Semua yang disampaikan oleh Alvin Lim yang kini dipenjara di LP Salemba, sama sekali tidak benar. Itu fitnah," tegas Natalia Rusli.

Natalia mengaku baru sekarang merespons kasus pencemaran nama baik dirinya tersebut lantaran tidak mau memperpanjang urusan yang tidak perlu. Apalagi dirinya diakui selama ini banyak urusan dan sibuk dengan dunia advokat dan bisnis. 

"Tapi, karena ini menyangkut nama baik saya dan institusi Kejaksaan Agung. Karena itu pula saya datang ke sini (Polres Jaksel) untuk mengadukan perihal fitnah yang dilakukan terlapor Alvin Lim dkk, supaya polisi mengambil langkah hukum," ujar Natalia.

"Saya harus bertindak dan ambil sikap supaya masyarakat paham bahwa Alvin Lim itu adalah manusia licik, sehingga memang harus diisolasi supaya mulutnya yang kotor jangan sembarangan bicara," sambungnya mengakhiri percakapan.

Alvin Lim.yang dihubungi via selularnya tidak menjawab Meganews.id.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa