Gepeniara, Wadah Eksistensi Berbagai Kalangan Seni Budaya 

Ferry Edyanto | Selasa, 15 Desember 2020 - 09:51 WIB
Gepeniara, Wadah Eksistensi Berbagai Kalangan Seni Budaya 
Pelaku seni budaya Gepeniara, Binsar Sihombing. Foto: (Ferry Edyanto/Meganews.id).

 

MEGANEWS.ID - Generasi Peduli Seni Budaya Nusantara (Gepeniara) adalah wadah berkumpulnya para tokoh masyarakat, pegawai pemerintah, pegawai sipil, anggota TNI, anggota Polri, pengusaha, seniman, musisi, mahasiswa, pelajar dan kalangan lainnya. 

Pada awal berdirinya Ketua umum Gepeniara dijabat oleh seorang profesional di bidang musik and entertaiment yang memiliki nama lengkap Fattah Ispriadi. Setelah berjalan kurang lebih hampir setahun, posisi kepemimpinannya diambil alih Wakil Ketua Anton Rustono dan berjalan hingga sampai saat ini.

Saat ini Gepeniara berusia tiga tahun dan selalu ikut ambil bagian dalam kegiatan yang sering dilaksanankan di Bekasi Kota oleh para musisi di wilayah Bekasi Kota.
Gepeniara mengajak seluruh warga yang berminat untuk ikut bergabun. Syaratnya memiliki Kartu Tanda Penduduk. Syarat lain, tentu adalah memiliki kepedulian terhadap seni dan budaya serta sejarah bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila serta melestarikan kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Gepeniara didirikan dan dibentuk dari kepedulian para tokoh dan berbagai kalangan masyarakat di kota Bekasi. Mereka merasa terpanggil dan khawatir atas perkembangan bangsa Indonesia yang semakin hari semakin menjauhkan akar sejarah dan budaya bangsanya sendiri, terutama kepada generasi muda saat ini yang mulai tidak peduli dengan bangsanya sendiri.

Adalah Binsar Sihombing, pelaku seni budaya di Bekasi yang kini bekerja keras menghidupkan kembali semangat budaya dikalangan generasi muda. Pria yang akrab disapa "Ki Jabang Setra" itu dengan penuh semangat mengumpulkan beberapa seniman dan musisi serta para tokoh masyarakat di Bekasi untuk bergabung dalam wadah Gepeniara.

Binsar Sihombing mengaku dengan adanya wadah Gepeniara ini generasi muda dapat berinteraksi dan mempertahankan, memelihara, melestarikan, mengembangkan serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa Nusantara yang telah terbentuk dari akar sejarah dan budaya bangsa Indonesia.

"Indonesia milik kita bersama, jadi harus kita jaga, kita rawat dan kita lestarikan seni dan budayanya, sekarang dan selamanya," ujar Binsar Sihombing. 

Bagi masyarakat yang ingin bergabung dan peduli seni budaya leluhur bangsa bisa daftarkan diri di Hotline 081318695999.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa